1. Accounting adalah merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).
2. Address adalah alamat (istilah komputer dalam penunjukkan lokasi)
3. Address space merupakan rentang alamat diskrit, masing-masing yang mungkin sesuai untuk suatu host jaringan, perangkat periferal, sektor disk, sebuah sel memori atau entitas logis atau fisik lainnya.
4. Administrator adalah seorang administrator bertugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan komputer.
5. Algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir.
6. Algoritma FCFS. algoritma sederhana dimana proses yang datang duluan maka dia yang dieksekusi pertama kalinya.
7. Algoritma Round Robin (RR) dirancang untuk sistem time sharing. Algoritma ini mirip dengan penjadual FCFS, namun preemption ditambahkan untuk switch antara proses. Antrian ready diperlakukan atau dianggap sebagai antrian sirkular. CPU menglilingi antrian ready dan mengalokasikan masing-masing proses untuk interval waktu tertentu sampai satu time slice/ quantum.
8. Algoritma SJF yaitu algoritma penjadualan CPU dimana proses yang paling pendek dieksekusi terlebih dahulu.
9. Algortima penjadualan adalah pemilihan proses dari antrian ready untuk dapat dieksekusi
10. Application code merupakan kode ditulis secara khusus untuk sebuah aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Java
11. Asynchronous adalah Proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.
12. Attachment merupakan berkas (file) yang dikirim bersama-sama dengan surat elektronik (email atau surel)
13. Backup adalah menyalin beberapa file ke dalam medium kedua yang berbentuk disk atau kaset untuk pengamanan jika terjadi kegagalan pada medium pertama, atau bisa dikatakan sebuah pengganti atau alteratif.
14. Bad blocks adalah satu/lebih sektor yang rusak pada suatu disk. Pada disk sederhana, bad blocks diatasi secara manual.
15. Bandwith adalah kuran yang diberikan ISP ( Internet Service Provider), seberapa lebar spectrum yang dihantarkan sesuai lebarnya jalur komunikasi untuk menampung kapasitas data.
16. Binary merupakan penomoran yang berbasis dua misalnya menggunakan angka nol dan satu, atau on dan off. Data ini merupakan inti dari instruksi-instruksi mesin komputer dan perangkat berbasis digital lainnya.
17. Block merupakan Data fisik yang berisikan bit atau byte secara kontinyu, dan berjumlah tetap dalam sejumlah karakter atau record, dan dikirimkan dalam suatu kesatuan unit di dalam transmisi.
18. Block device adalah Suatu perangkat, yang memindahkan informasi dalam bentuk blok.
19. Blocking (application) : Ketika suatu aplikasi menggunakan sebuah blocking system call, eksekusi aplikasi itu akan
diberhentikan untuk sementara. aplikasi tersebut akan dipindahkan ke wait queue. Dan setelah system
call tersebut selesai, aplikasi tersebut dikembalikan ke run queue, sehingga pengeksekusian aplikasi
tersebut akan dilanjutkan.
20. Boot disk atau system disk adalah disk yang memiliki partisi boot.
21. Bootstrap adalah program yang sudah diinisialiasasi ketika pertama kali menjalankan komputer
22. Booting istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor/prosesor disetting reset. Kemudian address 0xFFFF diload di segment code (code segment) dan instruksi yang terdapat pada alamat address 0xFFFF tersebut dieksekusi.
23. Box : Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam.
24. Broadcast : Sebuah alamat yang semua bagian bit host-nya adalah 0 mengacu ke jaringan, sedang alamat yang semua bit host-nya adalah 1
25. Buffer cache : suatu bagian yang sangat penting dari sistem kernel, menjaga seluruh buffer tetap diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang tidak dibutuhkan dan banyak lagi.
26. Bug : kesilapan program atau kelakuan yang tidak mengikuti dokumentasi atau tidak mengikuti kehendak program. Bisa juga disebut kesalahan program sengaja atau tidak sengaja. Seringkali, fasilitas/kemampuan baru yang di perkenalkan membawa bugs baru ke dalam program. Sejarahnya, isitilah ini datang dari masa kartu punch (punch card), suatu bug (serangga) terperosok ke lubang punch card dan sebagai akibatnya program mengalami gangguan. Ada Lovelace, yang menemukan ini, menyatakan “it’s a bug!” (ini adalah serangga) dan sejak saat itu istilah ini terus dipakai.
27. Burst mode : DMA mempunyai dua metode yang berbeda dalam mentransfer data. Metode yang pertama adalah metode yang sangat baku dan simple
28. Bus merupakan Dasar dari elemen perangkat keras yang terkandung pada I/O
29. Busy : adalah ketika host mengalami looping yaitu membaca status register secara terus-menerus sampai status busy di-clear
30. Byte : delapan bit yang berturutan, diterjemahkan di dalam bilangan basis dua (biner).
31. Calls : jembatan antara proses dan sistem operasi
32. Channel : Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.
33. Circular-scan adalah varian dari algoritma SCAN yang sengaja didesain untuk menyediakan waktu tunggu yang sama.
34. Client : program ataupun komputer yang secara berkala tersambung ke program ataupun komputer lain untuk memberikan atau meminta informasi.
35. Clock : Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak berbagi memori
36. Command-ready : Langkah yang ditentukan untuk device
37. Compatible : Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.
38. Compile : Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.
39. Concurrency : Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.
40. Connection : Suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan pendahuluan.
41. Context switch : Mengganti CPU ke proses lain memerlukan penyimpanan suatu keadaan proses lama (state of old process) dan kemudian beralih ke proses yang baru.
42. Controller : adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.
43. Core dump : tindakan default saat sebuah proses menerima sinyal SIGPE (exception floating point)
44. CPU processing : dimana sebuah CPU sedang memproses page file dan sistem pada suatu sistem operasi
45. CPU utilization : kita ingin menjaga CPU sesibuk mungkin. CPU utilization akan mempunyai range
dari 0 ke 100 persen. Di sistem yang sebenarnya seharusnya ia mempunyai range dari 40 persen
samapi 90 persen.
46. Crash : Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.
47. Datagram : Satuan untuk unit informasi dalam Internet, biasanya unit-unit informasi membawa sejumlah data sekaligus juga alamat asal dan alamat tujuan pengiriman.
48. Debug : Proses pencarian dan pembetulan kesalahan penulisan program, sehingga program tersebut dapat kembali dijalankan seperti yang diharapkan.
49. Default : Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
50. Directory : tempat penyimpanan file-file secara terstruktur dan menampilkan file-file yang disimpang didalamnya, atau di windows disebut dengan folder.
51. Disk : Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.
52. Disk drive : Alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disk.
53. DMA ( direct memory access) : Alat pengendali memori yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses pengolahan data.
54. Download : Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.
55. Driver : Software yang menjadikan sistem operasi bisa berkomunikasi dengan periferal atau alat lain, misalnya mouse driver untuk mengendalikan mouse.
56. Encoding : Inode merepresentasikan objek dasar dalam file sistem. Inode bisa saja file biasa, direktori, simbolik
link dan lain sebagainya. Virtual file sistem tidak memiliki perbedaan yang jelas di antara objek,
tetapi mengacu kepada implementasi file sistem yang menyediakan
57. Entity : Unsur aktif dalam salah satu lapisan protokol komunikasi model OSI. Orang, lokasi, konsep atau kejadian yang direkam informasinya.
58. Entry : Data-data masukan yang diberikan atau diketikkan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.
59. Error : Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.
60. Ethernet : Suatu standar perangkat keras LAN (Local Area Network), mengenai pengkabelan serta spesifikasi transmisinya.
61. Exception : Teknik pembuatan laporan yang hanya menampilkan item-item di luar kebiasaan, dengan tujuan memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien daripada bentuk laporan yang menampilkan semua item secara periodik.
62. Feature : fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat.
63. File : File adalah sesuatu yang dapat dibaca dan ditulis. File ditempatkan pada memori. Penempatan pada
memori tersebut sesuai dengan konsep file deskriptor yang dimiliki unix.
64. File sistem : File system adalah kumpulan dari inode-inode dengan satu inode pembeda yaitu root. Inode lainnya
diakses mulai dari root inode dan pencarian nama file untuk menuju ke inode lainnya.
65. Firewalling : Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.
66. Flag : Bit memori tunggal yang digunakan CPU untuk menahan track pada kondisi tertentu. Kebanyakan komputer memiliki beberapa flag. Variabel dalam program juga digunakan sebagai flag.
67. Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.
68. Hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
69. I/O adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
70. Input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse
71. Interface adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi “i/f”.
72. Interrupt dalam teknologi informasi merujuk kepada sebuah permintaan terhadap layanan dari CPU yang dibuat baik secara eksternal oleh sebuah perangkat keras (sebagai contoh: oleh disk drive, atau port I/O) atau secara internal oleh CPU itu sendiri
73. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis tahun 1995. Java berbeda dengan JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
74. Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
75. Layer : Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.
76. Library adalah koleksi dari rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak. Pustaka, umumnya mengandung kode program dan data pembantu (banyak programmer menyebutnya sebagai helper), yang menyediakan layanan-layanan kepada program-program independen.
77. Login adalah proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan.
78. Magnetic disk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read?write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor
79. Multi programming adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama.
80. Network adalah Sekelompok komputer yang terhubung yang bisa saling berbagi sumber daya (seperti printer atau modem) dan data.
81. Networking adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
82. Node adalah satu istilah dalam teknologi telepon genggam UMTS untuk menandakan suatu BTS (base transceiver station, stasiun penerima untuk 3G, 3.5 G ataupun 4G) yang berbeda dengan BTS untuk GSM
83. Output adalah biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
84. Page table : menandai bit valid-tidak valid.
85. Partition : membagi disk menjadi satu/ lebih silinder (partition), sehingga sistem operasi dapat memperlakukannya sebagai disk yang terpisah.
86. Password adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut
87. Point to point adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya.
88. Port merupakan mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP.
89. Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
90. Prompt sebutan bagi tanda kesiapan sistem operasi berbasis antarmuka baris perintah untuk menerima perintah dari pengguna. Dalam sistem operasi MS-DOS dan Windows, tanda prompt umumnya seperti C:\>. Dalam sistem operasi UNIX, jenis prompt yang ditampilkan tergantung dari jenis shell yang digunakannya, dan jenis privilese yang dimiliki oleh pengguna, yang dapat berupa # atau $.
91. Proses : urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil.
92. Real-time adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi.
93. Ready : Proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor.
94. Reboot : proses menghidupkan kembali sistem operasi dan memuat ulang program-program yang telah ditutup
95. Reload : memuat ulang suatu program yang telah ada, atau sering juga disebut refresh.
96. Root : Istilah ini diadaptasi dari sistem UNIX dimana seorang pengguna bisa memiliki hak pengendalian terbatas pada sebuah sistem. Hacker menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kemampuan mereka dalam melancarkan serangan dan menguasai sistem korbannya
97. Run : Instruksi sedang dikerjakan.
98. Secondary storage : Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, untuk meyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan secondary-storage yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data
99. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system
100. Shell : Program yang mem-provide interface antar user dan sistem operasi. Pada Windows 95/98, shell memaintain desktop atau graphical user interface.
101. Signal : Proses membangunkan partner-nya yang sedang diblocked dengan signal pada variabel kondisi yang sedang ditunggu partnernya.
102. Sinkronisasi : Komunikasi antara proses membutuhkan place by calls untuk mengirim dan menerima data primitive.
103. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
104. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, yang digunakan oleh software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
105. Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer
106. Source code atau kode program adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia. Kode sumber yang menyusun suatu program biasanya disimpan dalam satu atau lebih berkas teks, dan dapat pula ditampilkan dalam bentuk cuplikan kode (code snippet) yang dicetak pada buku atau media lainnya.
107. Terminate : Proses telah selsesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.
108. Thread diartikan sebagai sekumpulan perintah (instruksi) yang dapat dilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar dengan ulir lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainnya) atau multiprocess (ketika ulir-ulir tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu sistem).
109. User merupakan pengguna sebuah komputer yang pada sistem operasi dia jalankan
110. Wait : Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/ signal).

About these ads